Perkuat Pencegahan, Satgas Covid-19 Gontor Kunjungi PMDG Kampus 4 Banyuwangi

Bagikan

Banyuwangi — Satgas Covid-19 Gontor melakukan kunjungan ke Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Kampus 4 Banyuwangi guna berkoordinasi terkait pencegahan dan penanganan pandemi covid-19, Sabtu (8/8/2020). Tim Penanganan dan Pencegahan Satgas Covid-19 Gontor, Ustadz Sabar, S.Ag. dan Tim Logistik Ustadz Mahbub Al Aziz, S.Ag. disambut secara langsung oleh Wakil Pengasuh PMDG Kampus 4 Ustadz H. Muhammad Syuja’i, S.Ag., beberapa guru senior dan satgas kampus 4.

“Kunjungan koordinasi ini demi melihat situasi penyebaran pandemi covid-19 yang masih rawan dan tinggi di luar kampus PMDG,” jelas Ustadz Sabar dalam keterangannya yang diterima Tim Media.

Menurutnya, kejadian penyebaran covid-19 di PMDG Kampus 2 yang lalu tentunya harus menjadi pembelajaran penting bagi seluruh keluarga besar PMDG. Al-Bukhari meriwayatkan hadis dari Nabi Saw., jangan sampai seorang mukmin jatuh di satu lubang dua kali.

لَا يُلْدَغُ الْمُؤْمِنُ مِنْ جُحْرٍ وَاحِدٍ مَرَّتَيْنِ

Keberhasilan PMDG Kampus 2 dalam upaya-upaya penanganan penyebaran covid-19 tidak lebih dari 1 bulan harus menjadi contoh bagi seluruh kampus PMDG, khususnya dalam hal pencegahan, imbuhnya.

Di antara langkah-langkah penting yang dilakukan oleh Satgas Covid-19 Kampus 2 adalah lockdown total bagi semua penghuni dan pihak luar yang akan masuk; penerapan protokol kesehatan yang masif dan terukur; kerja sama yang bagus antara semua komponen dalam kampus; dan koordinasi yang intensif dengan satgas pusat.

Seusai mendengar pemaparan dari Wakil Pengasuh PMDG Kampus 4 Ustadz H. Muhammad Syuja’i, Ustadz Sabar menilai pelaksanaan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran pandemi covid-19 di PMDG Kampus 4 sudah sangat baik.

Di antara hal-hal yang telah dilaksanakan oleh Satgas Covid-19 PMDG Kampus 4 adalah penjagaan gerbang pondok secara ketat, melarang guru untuk keluar kecuali karena tugas (stok logistik, dll), mewajibkan penggunaan masker bagi semua penghuni kampus, pelaksanaan senam pagi dan berjemur pada jam ketiga dan keempat, menyiapkan wastafel ekstra di tempat-tempat tertentu, dan bekerja sama dengan dokter yang merupakan wali santriwati dalam penanganan kesehatan santri termasuk pemberian suplemen dan vitamin.

“Semoga kunjungan ini bisa menyamakan persepsi antara satgas pusat dan cabang pada khususnya, dan seluruh keluarga besar PMDG pada umumnya, dalam pencegahan penyebaran covid-19 di lingkungan PMDG,” tutup Ustadz Sabar.

Dalam kunjungan ini, Satgas pusat juga menyerahkan bantuan logistik penanganan covid-19 ke PMDG Kampus 4.

Tim Media Satgas Covid-19 Gontor

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas